Kamis, 10 Agustus 2017

Sembuh Total Dari Telinga Berdengung ( Tinnitus)





10 Agustus 2017
Sebelumnya aku minta maaf bgt karna udah lebih dari 1 tahun ga ngeblog lagi.  Kayaknya ada aja yang dilakuin (pembenaran diri sendiri, padahal males nulis) hehehe...
Tulisan ini lanjutan dari judul sebelumnya soal kronologis aku kena tinnitus sampe berobat ke dokter. Silahkan klik linknya kalau kamu tertarik baca Telinga Berdengung (Tinnitus).
Jadi langsung aja ke poinnya aja ya..
1.       Masih berdengung ga setelah konsultasi pertama?
Jawaban : Alhamdulillah, sembuh total dan sampai aku nulis blog ini ga pernah kambuh.
2.       Diagnosa dokter apa?
Jawaban : Pertama di cek bagian dalam telinga, hasilnya bersih dari kotoran dan ga ada luka di gendang telinga. Lanjut tes audiometri, hasilnya waktu itu 60 dB dan masuk kategori Sedang. Bahkan Prof. Helmi vonis aku kena stroke ringan di syaraf pendengaran aku yang mengakibatkan  tuli mendadak.
3.       Penyebab Tinnitus?
Jawaban : Awalnya aku tanya apa karna aku gemuk? Tapi ternyata Prof. Helmi bilang Tinnitus itu bisa menyerang siapa aja. Ga peduli tua muda, kurus gemuk, rajin atau malas olahraga. Yang pasti di kasus aku kemungkinan aliran darah ke pembuluh darah otak aku kurang lancar.
4.       Apa saran dokter?
Jawaban:
-          Kurangi Stres. Karna waktu itu ditemenin suami pas periksa, Jadi Prof. Helmi bilang ke suami supaya sering-sering ajak aku jalan-jalan biar happy terus.. Langsung kode ke suami..hahahahaha
-          Jangan Cape
-          Kurangi Garam atau makanan yang asin. Karna sifat garam itu mengikat lemak, lemak bisa menyumbat aliran darah di pembuluh darah kita.
-          Minum 2,5 L (volume air yg kita minum harus disesuaikan dengan berat badan. Waktu itu Prof. Helmi tanya BB aku dulu sebelum beliau bilang aku harus minum 2,5 L per hari. FYI, BB aku waktu itu 75 kg)
5.         Biaya?
Jawaban : Kurang lebih 600-700 ribu. Itu sudah termasuk konsultasi, tes audiometri dan obat.
6.       Berapa lama penyembuhan dari pertama konsultasi sampai bener-bener ilang dengungnya?
4 hari.  Walaupun dengung udah ilang , tapi obat diminum sampe habis. Saran dari Prof. Helmi, kalau terjadi dengung di telinga baiknya langsung dibawa segera ke dokter. Jangan ditunda !!!  Agar penanganan bisa lebih optimal dan belum terjadi gangguan pendengaran yang lebih serius.



7.       Tips jika telinga berdengung?
-          Langsung bawa ke dokter!!!
-          Ga usah banyak pikiran gegara googling soal tinnitus!! Penyebab dan penyembuhan tiap orang beda-beda.
-          Kalo udah pergi ke dokter, lakuin apa yang disaranin dan dilarang dokter!!
-          Kalo udah sembuh tetep lakuin saran dokter, supaya nyegah si tinnitus dateng lagi.

Semoga blog ini bisa ngebantu buat kalian yang butuh review ya.. Dan aku doain yang lagi ngalamin supaya cepet sembuh !!! Amin

3 komentar:

  1. ass. mbak aku udah hampir satu bulan ini kena telinga berdengung. aku lagi hamil 30 Minggu waktu itu, kejadiannya cepet bgt pas bangun tidur tiba2 telinga udah berdengung aja. udah 3 dokter THT yg aku kunjungi dan masing2 beda diagnosa nya. Krn lg hamil obat dr dokter gk aku minum. banyak juga yg bilang ini bawaan hamil, aku sampe frustasi awalnya pas Googling kalo telinga berdengung itu susah di obati. aku pengen sembuh ada kiat2 nya gk mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam mbak Tary,
      semoga kehamilan mbak sehat dan lancar sampai persalinan nanti ya.. Amin..
      wah udah 3 dokter THT ya? hmm.. sebaiknya sih kalo udah dikasih obat dari dokter harus segera diminum mbak.Kalo dokter 1 ga ada membaik baru ke dokter lain. Jangan lupa googling review dokter specialist THT yg bagus.
      kalo kiat-kiat sih yg penting harus bedrest total, ga boleh cape apalagi stres, minum air putih 2 L dan kurangin konsumsi garam.. Semoga lekas sembuh dan sarannya bermanfaat ya mbak Tary

      Hapus
  2. Hi.Tary... aq jg saat ini sedang mengalami Hal yg sama persis dgan Ibu telinga sy Skrng masih berdenging dan rasanya Tuli dan jg hamil 27 minggu... sy mw tanya apa skrng Kondisi mba sudah membaik?? Jika iya sy ingin tau Kiat2nya mba. Terima kasih

    BalasHapus