Kamis, 14 September 2017

Contoh Catatan Pengeluaran Ibu Rumah Tangga ( Marriage Cost Report)

Disclaimer : Aku bukan ahli Akuntansi.. Cuma ngerasa ini catatan pengeluaran ala aku yg menurut aku lebih bisa dimengerti ketimbang pakai aplikasi di handphone. Rasanya kalo itung-itungan itu butuh layar yang besar.. gak leluasa aja kalo pakai hp.. (Pembenaran diri sendiri, padahal gaptek aplikasi keuangan via hp..hahahaha) Sebenernya alesannya sama kaya ibu-ibu rumah tangga pada umumnya yang kalo dikasih uang belanja, suka habis sebelum tanggal gajian.. abis itu jadi PR bgt kalo suami nanya uang bulanan abis buat apa aja.. Padahal ya sebenernya kadang kecampur antara budget rumah tangga sama keperluan yang sifatnya "urgent" alias diluar list kebutuhan bulanan.

Semoga bisa bermanfaat, ya paling enggak nambah referensi kalian..
Tapi maaf banget, ga bisa upload file excelnya.. kalo ada yang minat sama contoh filenya silahkan email aja ya.. 

Ok, lanjut!
Untuk Marriage Cost  Report aku, Ada beberapa sheet yang mau aku jelasin :
1. Blank Form : Terdiri dari Tipe, Kategori, Budget, Pos, dll. Kalau mau yg lebih jelas, silahkan cari di Google dengan keyword "form catatan pengeluaran" nanti cari lagi webnya yang Muhammad Noer. Disitu nanti filenya bisa langsung di download.

 

2. Rekening Koran
Kadang untuk sinkronisasi antara catatan kita sama bukti transaksinya kan perlu rekening koran akun bank kita. Incase kita kelupaan nyatet pengeluaran atau kita tarik tunai ATM tapi struknya ga keluar trus kita lupa, dan tau-tau saldo udah berkurang.. Tetep harus download yang aslinya dari e-banking loh ya.. Ini aku catet ulang biar lebih rapih dan enak baca keterangan beserta nominalnya.

3. Reimburstment
Ini Optional aja.. Karna kebutuhan kerjaan suami yang sering mendadak, dia kadang pakai uang pribadi dulu untuk nombokin. Nah ini jadi tugas aku yang harus nyatetin dan nagihin ke suami. Yaa.. selain jadi akuntan, aku juga merangkap dari Debt Collector juga.. hehehe
4. July- Sept (Pengeluaran sehari-hari dalam 1 bulan)
 Emang aku akui belum lama aku nyatet pengeluaran aku pakai excel ini, biasanya pakai buku kas yang dijual di toko atk ituuu...Konvensional ya??.. hahahaha Ya bukan maksud buat gaya-gayaan, kayaknya lebih enak aja buat aku pakai excel..Selain layar display yg besar, ada fitur filter yang ngebantu banget. Sekali lagi ini cuma sebagai catatan aja. Kalau sewaktu-waktu uang bulanan aku udah abis sebelum tanggal gajian dan ada reimburse, aku bisa kasih report (file excel, struk belanja & rekening koran hasil download dari e-banking tentunya) ke dia.
Disini aku mau jelasin yang ada  di sheet ini :
1. Tanggal : tanggal transaksi
2. Kode    : Itu sesuai sama kolom Pos di sheet 1 (Blank Form)
3. Rcpt      : Ada atau enggaknya struk belanja/ bukti pembayaran lainnya
4. Trx        : Jenis transaksi yang dijalankan. Misal : Cash, ATM atau E-Banking
5. Debit dan Kredit : banyak yang sudah paham
6.  Saldo : sisa uang. Aku pakai rumus " =+(saldo terakhir tgl sebelumnya)+debit-kredit
7. Tabel kecil disamping itu fungsinya adalah Untuk mengetahui selisih dari total uang yang keluar di tiap pos dengan budget yang kita punya. Setelah tau selisihnya, maka kita tau apakah pengeluaran kita minus atau malah surplus..

Maaf masih dalam tahap belajar dan masih banyak kesalahan. Tapi ya inilah Marriage Cost Report versi aku yang aku pakai sehari-hari,,Semoga bisa membantu nambahin referensi kalian yang lagi nyari-nyari contohnya..

Terima kasih buat yang udah nyempetin mampir di blog aku ini..Sekali lagi kalau ada yang mau minta contoh filenya jangan sungkan buat email aku..

Kamis, 10 Agustus 2017

Sembuh Total Dari Telinga Berdengung ( Tinnitus)





10 Agustus 2017
Sebelumnya aku minta maaf bgt karna udah lebih dari 1 tahun ga ngeblog lagi.  Kayaknya ada aja yang dilakuin (pembenaran diri sendiri, padahal males nulis) hehehe...
Tulisan ini lanjutan dari judul sebelumnya soal kronologis aku kena tinnitus sampe berobat ke dokter. Silahkan klik linknya kalau kamu tertarik baca Telinga Berdengung (Tinnitus).
Jadi langsung aja ke poinnya aja ya..
1.       Masih berdengung ga setelah konsultasi pertama?
Jawaban : Alhamdulillah, sembuh total dan sampai aku nulis blog ini ga pernah kambuh.
2.       Diagnosa dokter apa?
Jawaban : Pertama di cek bagian dalam telinga, hasilnya bersih dari kotoran dan ga ada luka di gendang telinga. Lanjut tes audiometri, hasilnya waktu itu 60 dB dan masuk kategori Sedang. Bahkan Prof. Helmi vonis aku kena stroke ringan di syaraf pendengaran aku yang mengakibatkan  tuli mendadak.
3.       Penyebab Tinnitus?
Jawaban : Awalnya aku tanya apa karna aku gemuk? Tapi ternyata Prof. Helmi bilang Tinnitus itu bisa menyerang siapa aja. Ga peduli tua muda, kurus gemuk, rajin atau malas olahraga. Yang pasti di kasus aku kemungkinan aliran darah ke pembuluh darah otak aku kurang lancar.
4.       Apa saran dokter?
Jawaban:
-          Kurangi Stres. Karna waktu itu ditemenin suami pas periksa, Jadi Prof. Helmi bilang ke suami supaya sering-sering ajak aku jalan-jalan biar happy terus.. Langsung kode ke suami..hahahahaha
-          Jangan Cape
-          Kurangi Garam atau makanan yang asin. Karna sifat garam itu mengikat lemak, lemak bisa menyumbat aliran darah di pembuluh darah kita.
-          Minum 2,5 L (volume air yg kita minum harus disesuaikan dengan berat badan. Waktu itu Prof. Helmi tanya BB aku dulu sebelum beliau bilang aku harus minum 2,5 L per hari. FYI, BB aku waktu itu 75 kg)
5.         Biaya?
Jawaban : Kurang lebih 600-700 ribu. Itu sudah termasuk konsultasi, tes audiometri dan obat.
6.       Berapa lama penyembuhan dari pertama konsultasi sampai bener-bener ilang dengungnya?
4 hari.  Walaupun dengung udah ilang , tapi obat diminum sampe habis. Saran dari Prof. Helmi, kalau terjadi dengung di telinga baiknya langsung dibawa segera ke dokter. Jangan ditunda !!!  Agar penanganan bisa lebih optimal dan belum terjadi gangguan pendengaran yang lebih serius.



7.       Tips jika telinga berdengung?
-          Langsung bawa ke dokter!!!
-          Ga usah banyak pikiran gegara googling soal tinnitus!! Penyebab dan penyembuhan tiap orang beda-beda.
-          Kalo udah pergi ke dokter, lakuin apa yang disaranin dan dilarang dokter!!
-          Kalo udah sembuh tetep lakuin saran dokter, supaya nyegah si tinnitus dateng lagi.

Semoga blog ini bisa ngebantu buat kalian yang butuh review ya.. Dan aku doain yang lagi ngalamin supaya cepet sembuh !!! Amin